Rabu, 01 Agustus 2012

Pada kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi tentang alat kedokteran gigi dasar.

Umumnya, alat kedokteran gigi dasar terbagi atas beberapa bagian. Beberapa pendapat membagi alat kedokteran gigi dasar terbagi atas dua macam; Genggam dan putar. Berikut penjelasannya.

1. Alat Genggam (sederhana)

a. Kaca mulut
Merupakan alat genggam yang paling umum digunakan oleh dokter gigi. Gunanya adalah untuk menambah visibiltas dari operator dalam mengobservasi keadaan rongga mulut dari pasien. Umumnya terdiri atas kaca berbentuk bulat yang menyatu dengan batang besi dengan guratan-guratan untuk menambah daya cengkram di tangan operator. Kaca mulut memiliki beberapa ukuran yang bermacam-macam. Umumnya yang digunakan oleh mahasiswa adalah berukuran 3-4.




                                                                                             b. Sonde
Adalah alat genggam yang memiliki fungsi memeriksa keadaan permukaan dari gigi dengan cara menyentuhkan ujung runcing pada permukaan gigi. Memiliki beberapa bentuk. Umumnya berbentuk setengah lingkaran (half moon) dan sonde lurus yang sama-sama memiliki ujung yang runcing.







    



 c. Pinset
Digunakan untuk mengambil barang-barang berukuran kecil pada saat perawatan gigi. Berbentuk seperti penjepit yang memiliki ujung sedikit tertekuk dan bergerigi. Operator dituntut untuk sesering mungkin menggunakan alat ini saat mengambil barang-barang berukuran kecil guna meminimalisir kontak dengan tangan.








                                                                                             d. ekskavator
Memiliki bentuk ujung seperti pengeruk yang biasa digunakan untuk mengangkat dan menghaluskan bagian-bagian gigi. Pada perawatan gigi sederhana digunakan untuk mengangkat karies pada jaringan gigi yang terkena.











e. Amalgam Plugger
Merupakan hand instrument untuk memadatkan amalgam pada kavitas gigi yang dirawat agar tumpatan amalgam bisa merata. Memiliki bentuk ujung bulat yang permukaannya bergerigi

    





                                                                               
                                                                                             f. Amalgam Pistol
Berfungsi untuk memindahkan amalgam yang sudah dimanipulasi kedalam kavitas yang akan ditumpat dengan amalgam. berbentuk seperti spuit/ syringe berujung bengkok dan terbuat dari logam.

    






 





g. semen stopper
Berbentuk mirip dengan Amalgam plugger namun tidak memiliki permukaan ujung yang bergerigi. Biasanya digunakan untuk memadatkan tumpatan berbahan dasar semen
    








h. Spatula semen
Dengan ujung yang berbentuk datar dan pipih berukuran panjang 3cm. Digunakan untuk mengaduk bahan tumpatan yang memiliki komposisi lebih dari 1 macam.
   
      





i. Kuret
Alat yang digunakan untuk mengangkat karang gigi dan menghaluskan permukaan gigi dari lapisan biofilm yang nantinya dapat membentuk karang gigi. Memiliki dua macam bentuk, yaitu kuret Universal dan Gracey. Biasanya, kuret universal digunakan untuk membersihkan karang gigi yang ada pada gigi di atas permukaan gusi (supragingival) sedangkan untuk kuret gracey, biasanya digunakan pada gigi di bawah permukaan gusi (subgingival).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar